Massa Atom Relatif (Ar) dan Massa Molekul Relatif (Mr)

Hmm, ngomongin masalah massa pasti ini tentang berat, iya kan? Nah, kalau ada berat pasti bisa ditimbang dong pakai timbangan, ha ha ha. Sekarang pertanyaannya, bagaimana nimbang atom? Itu kecil banget bro? hayoo, gimana hayoo? :v

Coba kita ingat – ingat, di dalam atom itu ada apa saja? Proton? Neutron? Electron? Bener kan? Disini kita bisa menimbang mereka melalui inti atom. Kenapa harus inti atom? Naaah, di inti atom ini terjadi  pemusatan massa, makannya massa atom itu bisa kita peroleh dengan menghitung massa inti atomnya saja. Jadi gini nih 😀

                                Nomor massa : Proton+Neutron

Mudah kan? 😀 pasti bisa kok.

Tunggu, terus gimana kalau atomnya isotope gan?

Nah, kalau atomnya isotop tentu bisa juga kita cari dengan menjumlahkan kelimpahan dikali nomor massa isotope masing – masing atom.

∑(Kelimpahanx Nomor massa isotop)

Lah, terus gimana cara mencari Mr gan?

Mr itukan molekul, jadi nyarinya tinggal dijumlahain aja tuh Ar atom yang ada pada molekul.

Gimana sudah jelas? kalau belum kita belajar bareng dikomentar. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s