Konsep Mole

Lah, Mole itu apaan sih? Haha šŸ˜€ Mole itu yang nentuin banyaknya partikel dalam suatu zat itu tuh. Pak Avogadro bilang kalau 1 mole itu ada 6.02 x 10^23 Partikel. Busyet banyak banget yah. Gimana pak Avogadro bisa tahu ya??

Berhubung kita udah tahu nih kalau 1 mole ada 6.02 x 10^23 Partikel, jadi kita bisa nyari ada berapa banyak mole kalau hanya partikelnya saja yang diketahui dengan cara membagikan banyaknya partikel tersebut dengan banyaknya partikel dalam satu mole.
Selain itu, seperti yang sudah kita ketahui bahwa massa satu atom itu berbeda ā€“ beda, maka massanya juga akan berbeda jika kita ukur dalam 1 mole. Terus gimana nih nyari mole pakai massa? Mudah kok, yang pertama kita harus mengethui massa molar zat tersebut. Massa molar itu beratnya atom dalam satu mole jadi bisa kita bilang gram/mole. Nah untuk massanya kita bisa peroleh Ar dan Mr yang ada pada atom. Gini nih skenarionya .

Mole (n) = Mass/ Massa Molar Zat
Gr/ Gr/mole
Gr x Mole/Gr
Mole

Ketemu kan setelah diuatak ā€“ atik jaidnya Mole ?
Terus gimana kalau zat itu gas? Masak kita harus menimbang zat tersebut? Nah, untuk gas kita ga perlu susah ā€“ susah menimbang gas tersebut. Pak Avogadro pernah meneliti bahwa volume gas itu ada hubungannya dengan jumlah partikel loh. Percaya engga?
Jadi, saya lagi belajar IGCSE nih, kata pak Avogadro kalau volumenya 24 dm3 itu tuh ada 6.02 x 10^23 Partikel yang berarti ada 1 mole, Jadi ini bisa kita anggap 24 dm3/mole. Nah terjadilah Cerita jadi mole.
Mole = Mass/ Mass 1 mole
dm3/ dm3/mole
dm3 x mole/ dm3

Well? Gimana? udah jelas belum? kalau belum kita obrolin dikomentar ya?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s